Pasca Diguyur Hujan, Polsek Siman Polres Ponorogo Patroli Pantau Debit Air Sungai

featured image

PONOROGO - Jajaran Polres Ponorogo Polda Jatim  mewaspadai tingginya intensitas hujan yang terjadi dalam sepekan terakhir.





Salah jajaran yaitu Polsek Siman pun melakukan pemantauan debit air di beberapa sungai yang ada di wilayah Kec. Siman, Rabu malam (07/12/2022)






Kapolsek Siman  AKP Sukron Mukarom menjelaskan, kegiatan patroli akan terus diintensifkan. Yakni dengan memantau debit air  di permukaan pintu air hingga aliran sungai yang ada di wilayah Kec. Siman Kab. Ponorogo.





"Selain Pengecekan permukaan air, juga dilakukan pemantauan pintu air dan tanggul sungai. Ini dilakukan untuk memastikan semuanya dalam kondisi baik dan aman," kata Kapolsek Siman AKP Sukron Mukarom





Dikatakan Kapolsek, pemantauan debit air dilakukan sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas berupa bencana alam.





Ini dikarenakan adanya kekhawatirkan akibat hujan deras di daerah hulu sungai, yakni di Pegunungan Wilis dapat meningkatkan debit air yang berujung pada meluapnya air atau jebolnya tanggul hingga mengakibatkan banjir.






Selanjutnya, anggota Patroli Polsek Siman juga memberikan imbauan kepada warga. Baik yang tinggal maupun beraktivitas di sekitar sungai untuk selalu waspada dan selalu tanggap jika sewaktu-waktu terjadi hujan lebat atau peristiwa alam lain yang berpotensi berakibat pada bencana.





"Warga yang ada di sekitar sungai diimbau untuk segera meninggalkan lokasi apabila ada potensi air meluap dan banjir. Itu dilakukan sebagai antisipasi dari timbulnya bencana," pungkasnya





(Humas)



0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756