Kegiatan Bakti Sosial Polsek Sooko Di Lokasi Rumah Ambruk Akibat Tanah Longsor

featured image
PONOROGO - Hujan lebat yang terjadi pada hari Jum'at ( 18/11/2022 ) menyebabkan longsor susulan di lingkungan Sidowayah RT. 3 RW. 6 Dkh. Setumbal Ds. Jurug Kec. Sooko Kab. Ponorogo. Rumah milik Paeran ambruk pada kejadian itu.

Sebagai bentuk kepudilian terhadap sesama, Polsek Sooko bersama jajaran TNI, Pemerintah Kecamatan Sooko dan warga masyarakat melakukan kegiatan sosial, kerja bakti membersihkan puing puing rumah korban yang ambruk.



Selain itu, juga menyalurkan bantuan berupa beras yang diserahkan oleh Wakapolsek Sooko serta Camat Sooko kepada korban tanah longsor yakni Sdr. Paeran.

Bantuan itu diterima langsung oleh korban Paeran, lantas dia mengaku sangat berterima kasih,
"Matur nuwun kagem sedoyo mawon, semoga menjadi amal panjenengan kanthi berkah lan barokah," ungkap Paeran

Kapolsek Sooko Iptu Anwar Fathoni mengatakan bahwa longsor susulan terjadi pada, Sabtu (19/11/2022) sekira pukul 03.00 Wib dengan titik koordinat 07°53'31.056 S 111°41'26.808 E.

"Dimana sebelumnya hari selasa (15/11/2022) lalu, sudah terjadi tanah longsor pada sebuah tebing dengan panjang sekitar 30 meter longsor ambles ke bawah dengan kedalaman sekitar 10 meter dan Sabtu dini hari tanah kembali longsor," katanya Iptu Anwar Fathoni, Sabtu (19/11/2022)



Akibat longsor susulan ini, dijelaskan Iptu Anwar Fathoni menyebabkan rumah Pak Paeran ambruk total tidak dibisa dipergunakan lagi. Namun demikian Kapolsek merasa bersyukur tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, karena pada saat terjadi longsor susulan, rumah Pak Paeran kosong tidak ada penghuninya. Di taksir kerugian materi sekitar 50 juta," kata Iptu Anwar Fathoni

Diprediksi, longsor susulan masih bisa terjadi setiap saat dan berpotensi menimpa rumah warga selain milik Paeran.

"Saat ini ada 3 rumah yang perlu diantisipasi. Selain itu, ada 7 rumah warga yang terisolasi akibat longsor susulan," jelasnya

Paeran beserta keluarga dengan jumlah 8 jiwa saat ini mengungsi di rumah SUNAJI alamat Lingk. Sidowayah, RT. 3 RW. 6 Dkh. Setumbal Ds. Jurug Kec. Sooko.

"Kami juga menghimbau kepada warga Sooko untuk tetap waspada terhadap situasi alam saat ini dan semoga kegiatan sosial ini dapat sedikit membantu meringankan beban Pak Paeran beserta keluarga," pungkasnya

(Humas)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756