Joko Suyono dan Rita Hariati Hadir Dalam Musrenbang Kecamatan Kartoharjo.

 

Joko Suyono dan Rita Hariati, anggota DPRD Magetan dalam Musrenbang Kecamatan Kartoharjo.


Magetan, exspresnews.com - Joko Suyono dan Rita Hariati, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Magetan hadir dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di kantor Kecamatan Kartoharjo, Magetan, Selasa (30/01/2024).


Dalam Musrenbang Tingkat Kecamatan kali ini,  Joko Suyono, dan Rita Hariati anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Magetan, menyoroti pentingnya pengembangan sumber daya manusia dalam perumusan rencana pembangunan desa.


Turut hadir pula dalam acara  seluruh Kepala Desa se-kecamatan Kartoharjo, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan tokoh masyarakat seperti Toga Toma.


Joko Suyono menekankan bahwa untuk prioritas pembangunan desa bukan hanya sekedar pembangunan fisik tetapi pembangunan sumber daya manusia pun harus turut menjadi fokus utama.


"Musrenbang ini merupakan momen penting dalam merumuskan rencana pembangunan desa. Kami ingin desa-desa di Kartoharjo lebih maju dan baik, bukan hanya dari segi infrastruktur atau bangunan fisik, tetapi juga dari sisi sumber daya manusia," ujar Joko Suyono.


Joko Suyono menyampaikan pesan kepada seluruh kepala desa dan pihak terkait, termasuk Asisten 2 dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), untuk tidak hanya fokus pada pembangunan fisik. 


Ia mengajak untuk mengalokasikan dan merencanakan pembangunan sumber daya manusia, baik dalam bentuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) maupun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang telah terbentuk.


"Saya harap rencana kerja ke depan dapat memperhatikan bagaimana meningkatkan potensi sumber daya manusia, baik melalui pembentukan UMKM maupun BUMDes. Ini bukan hanya soal bangunan fisik, tapi juga bagaimana memajukan masyarakat melalui peningkatan keterampilan dan pengetahuan," tambahnya.


Selain itu, Joko Suyono juga mengingatkan para kepala desa untuk memahami peran politik dalam memajukan desa mereka. Ia menekankan bahwa hubungan yang baik dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dapat membuka pintu bantuan keuangan khusus atau sumber daya lainnya.


"Komunikasi politik sangat penting. Buka kran komunikasi dengan DPR, karena tidak semua keputusan di pemerintahan bersifat jelek. Kita harus memahami bahwa posisi kepala desa atau posisi apapun dalam pemerintahan adalah hasil dari proses demokrasi atau pemilihan, sehingga keberhasilan desa juga tergantung pada dukungan politik," ungkap Joko Suyono.



Sementara itu Rita Hariati juga menyampaikan, "Forum musrenbang ini sebagai  sarana atau wadah rembukan usulan dari tingkat bawah naik ke atas sehingga RKPD tepat sesuai dgn harapan  kebutuhan masyarakat".



Rita Hariati berharap Musrenbang di Kecamatan Kartoharjo dapat menjadi titik awal bagi pengembangan holistik desa, yang melibatkan tidak hanya aspek fisik tetapi juga peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pemahaman pentingnya komunikasi politik untuk kemajuan desa. (red*)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756