Polsek Mlarak Polres Ponorogo Lakasanakan Pendampingan Vaksinasi Hewan Ternak

featured image
PONOROGO - Polsek Mlarak Polres Ponorogo Polda Jatim melaksanakan pendampingan vaksinasi Dosis ke-1 dan Ke-3 Hewan Ternak Sapi, Kambing dan Domba Paramedik/Veterner di Desa Kaponan, Senen (20/3).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Kaponan, Tim Vaksin dari Dinas Peternakan sebanyak 9, Polsek Mlarak, Koramil Mlarak dan perangkat Desa Kaponan.

Kapolsek Mlarak Iptu Rosyid Effendi SH, MH menyampaikan, vaksinasi tersebut dilaksanakan oleh Dinas Peternakan, guna untuk mengantisipasi Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dengan sasaran vaksin diambil dari data ternak di tingkat desa yang sudah siap dilakukan vaksinasi.

"Sasaran vaksin merupakan hewan ternak jenis sapi dengan kondisi sehat, Vaksin menggunakan merk Aftopor (dari Prancis) dengan dosis masing-masing Sapi sebanyak 2 ml. Pelaksanaan vaksin dengan systim door to door ke kandang milik warga, "kata Iptu Rosyid Effendi.

Iptu Rosyid Effendi menambahkan, vaksinasi dilakukan tersebut merupakan vaksin untuk pencegahan penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan bukan merupakan Vaksin untuk penyembuhan sapi yang mengalami PMK.

"Setiap pemilik sapi yang divaksin didata dengan menyertakan NIK (Nomer Induk Kependudukan), untuk di entry data di system Dinas Peternakan Ponorogo. Sapi yang sudah divaksin selanjutnya diberikan penanda berupa cat warna biru dengan coretan nomer urut vaksin. Vaksin dalam 100 dosis diusahakan habis tervaksin semua agar tidak ada sisa. Hasil dalam pelaksanaan kegiatan tersebut adalah Jenis Vaksin Aftopor, sasaran vaksin 100 dosis, tervaksin dosis ke -1 sapi 9 ekor. kambing 149 ekor, domba 36 ekor. Dan terbaksin dosis ke-3 (Boster) sapi 31 ekor, tervaksin sejumlah 225 ekor, "pungkasnya.

(Humas)

Post a Comment

Previous Post Next Post