Peduli Lingkungan, Polsek Sukorejo Bersama Inkat Kerja Bakti Bersihkan Aliran Sungai Dari Sampah

featured image
PONOROGO - Polsek Sukorejo Polres Ponorogo Polda Jatim bersama TNI, Pemerintah Desa Kalimalang dan Relawan Destana (Desa tanggap bencana) menggelar kerja bakti membersihkan sampah sungai yang ada di bawah jembatan Gilang Sari Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo, Senin (06/02/2023).

Terlihat kompak, mereka bergotong royong membersihkan sampah kayu, plastik, dapuran bambu dan sampah lainnya untuk di angkat dari aliran sungai tersebut.

"Kegiatan ini sebagai upaya antisipasi bencana banjir, sampah di sungai kami bersihkan agar aliran sungai menjadi lancar dan tidak meluap saat terjadi hujan deras," kata Kapolsek Sukorejo AKP Pitoyo

Kapolsek membeberkan bahwa ketika hujan deras diseputaran lokasi tersebut air sering kali meluap ke jalan. Saat air surut ternyata di ketahui banyak sampah yang nyangkut pada tiang jembatan itu.



Dalam pembersihan sampah sungai tersebut, alat yang digunakan pun cukup tradisional mulai dari sabit, cangkul, linggis dan tali.

"Karena sampah yang nyangkut di tiang jembatan tersebut saling mengikat satu sama lain dan sangat sulit untuk dibersihkan dengan tangan maka kami gunakan alat bantu tradisional berupa cangkul, sabit, linggis dan tali," jelasnya

Terlaksananya kegiatan ini, wujud kepedulian terhadap lingkungan, juga sebagai bentuk ajakan kepada seluruh warga agar lebih peduli terhadap lingkungan sekitar.

"Kalau bisa jangan membuang sampah di aliran sungai. Alangkah baiknya sampah tersebut di bakar atau dipendam," pungkasnya

(Humas)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756