Bawaslu Ponorogo ajak Komunitas Becak Kayuh awasi Pemilu


PONOROGO-Puluhan anggota Becak Kayuh di Ponorogo ikuti sosialisasi Pengawasan Partisipatif yang digelar Bawaslu Kabupaten Ponorogo (Kamis siang, 8/12/2022).

Kegiatan dimulai dengan iring-iringan konvoi mengayuh becak dari depan pasar Songgolangit Ponorogo sambil membawa poster dan dan bahan sosialisasi yang bertuliskan sukseskan Pemilu 2024, lawan politasisi SARA, hoax, money politik serta ajakan melakukan pengawasan partisipatif.

Kemudian rombongan menuju Hall Maesa Hotel untuk mendapatkan pengarahan dan sosialisasi, serta dilanjutkan dengan penandatanganan naskah MoU antara Paguyuban Pengayuh Becak dengan Bawaslu Ponorogo.

Juwaini, kordiv Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Ponorogo mengungkapkan bahwa dilibatkannya segmen pengayuh becak ini karena pihaknya membaca potensi sosial yang dimiliki para pengayuh becak yang setiap hari bertemu dengan puluhan hingga ratusan penumpang/pelanggan di Ponorogo, dengan demikian, potensi untuk turut mensyiarkan proses Pemilu yang luber dan jurdil kepada sesama masyarakat juga tinggi.

“Bahwa mewujudkan Pemilu dengan partisipasi memilih dan pengawasan yang tinggi harus melibatkan berbagai unsur mulai dari Penyelenggara, Stakehoder dan yang paling penting oleh simpul-simpul masyarakat yang bersentuhan langsung dengan sesama Pemilih di akar rumput.” Ungkapnya saat membuka acara Sosialisasi Pengawasan Partisipatif.

Lebih lanjut pria yang hobi dengan dunia jurnalistik ini menerangkan pengayuh becak merupakan profesi yang mulia karena secara langsung menerima hasil sesuai yang diusahakan, bekerja keras tanpa putus asa dan yang paling penting sangat bermanfaat untuk orang lain.

Untuk itu ia mengajak anggota Paguyuban Pengayuh Becak Suromenggolo ini terus bersemangat serta juga turut mengambil peran dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 mendatang.

“Semua masyarakat berstatus sama dalam Pemilu, berhak dipilih dan memilih, ikut andil mengawasi tahapan Pemilu, demi Pemilu yang berkualitas dan bermartabat.” Terangnya.

Sebagai informasi dalam pembukaan acara Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bersama Paguyuban Pengayuh Becak Suromenggolo ini turut dihadiri jajaran Pimpinan Bawaslu Ponorogo, Marji Nurcahyono, Widi Cahyono, Korsek Jaka Wardaya serta turut mengadirkan narasumber Aang Khunaifi dan Masykurudin Hafid selaku Pemerhati Pemilihan Umum.

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756