Bagi Sembako, Satlantas Polres Ponorogo Ajak Pengendara Tertib Berlalu Lintas

featured image
PONOROGO - Anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Ponorogo, Jawa timur mempunyai cara unik untuk mengajak pengendara untuk tertib berlalu lintas.

Anggota dari Satuan lalu lintas itu menyetop para pengendara seakan mau ditilang. Namun pikiran itu terhempaskan, karena pengendara bukan ditilang dan harus membayar , melainkan diberikan sembako dan edukasi tentang tertib berlalu lintas.

Sebaliknya, mereka yang tertib seperti menggunakan helm ber SNI bagi pengendara sepeda motor dan menggunakan sabuk pengamanan bagi sopir maupun penumpang mobil, mendapat apresiasi.

Para pengendara tertib tersebut mendapat beras seberat 5 kilogram.

“Saya sempat kaget di perempatan kok ada polisi. Saya kira cegatan (tilang),” ujar salah satu pengendara, Henik Lia.

Namun, kata dia, polisi memberikan edukasi. Bahwa saat ini ada operasi zebra. Henik mengaku dirinya dan temannya yang sedang berkendara roda dua telah mematuhi lalu lintas.

“Lumayan lah untuk makan. Pas beras saya juga habis. Terimakasih pak polisi,” katanya.

Sementara, Kasatlantas Polres Ponorogo, AKP Ayip Rizal mengaku operasi zebra Semeru 2022 dilakukan mulai 3 hingga 16 Oktober 2022. Akan ada 7 prioritas sasaran pelanggaran.

Pertama adalah bagi pengendara atau pengemudi yang menggunakan ponsel saat berkendara. Kedua pengemudi atau pengendara yang masih dibawah umur.

Lalu sanksi tilang buat pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu. Pengendara motor yang enggak menggunakan helm SNI. Serta pengendara mobil yang  tidak menggunakan safety belt.

Kelima adalah pengemudi atau pengendara yang dalam pengaruh alkohol. Pengemudi dan pengendara yang melawan arus. Terakhir pengemudi atau pengendara melebihi batas kecepatan.

“Kalau para pengendara atau pengemudi yang taat tentu kami berikan reward. Ini beras, bisa nanti reward yang lain,” pungkasnya

(Humas)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756