Kades Bangunsari bersama BUMDES Arta Mandiri perkuat ekonomi kerakyatan

Kepala Desa Bangunsari, Edy Suwito. 


Edy Suwito Kepala Desa Bangunsari Kecamatan Bandar  Kabupaten  Pacitan yang memiliki bumdes atau badan milik desa pemdes bekeja sama inisiatif dengan  PMD melakukan refitirisasi bumdes yang dahulu tidak berjalan. 


Menurut Kades Edy Suwito, Bumdes Arta Mandiri berdiri tahun 2012. "Bumdes Desa Bangunsari bergerak di beberapa bidang, ada beberapa unit peternakanan, ATK penyediaan alat tulis kantor penyewaan orang hajatan terop dan lain lain, Penyadapan getah pinus, yang dahulunya pinus ini adalah milik desa bangunsari bagi hasil dengan masyarakat dengan dana Bumdes. Masyarakat dapat menjual pohon pinusnya, pohonnya kami beli di sadap selain tujuan kami tanah tidak longsor dengan adanya banyaknya penebangan tanah akan labil dan tidak mudah longsor, " Terang Edy Suwito. 

Dalam beberapa tahun ini sudah menjadi keharusan untuk membuat lembaga yang bisa menumpang berjalanya perekonomian, pedesaan  sesuai anjuran kementerian desa.
"Modal sebesar 100 juta itu bumdes desa bangunsari   dibelikan 5 ekor sapi alhamdulillah pada tahun 2020 ini sapi yang bunting 1 dan yang melahirkan 1 dalam jangka waktu 8 bulan atau setahun ke depan total sudah 7 ekor sapi,"ungkap Kades Bangunsari Edy Suwito. 

Sementara Ketua BUMDES desa Bangunsari pawit Guntoro menyampaikan melalui musdes akhirnya muncul beberapa ide guna mendorong bumdes ini bisa berkembang. "Salah satu ide yang disetujui forum saat itu adalah penyertaan penanaman modal sebesar Rp 100 juta kepada bumdes untuk unit usaha penggemukan ternak. Modal sebesar Rp 100 Juta oleh bumdes dibelikan 5 ekor sapi juga untuk usaha lainnya sedangkan pengelolaan aturan serta semua administrasi dan sistemnya dikelola pengurus. Pemerintah desa Bangunsari hanya hanya menerima laporannya dan selalu monitoring kegiatan tersebut."Pungkasnya. 

(Hargo) 

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756