Kadispora Magetan Resmi Launching Program Rabani dan Kantin Sehat SMPN 1 Nguntoronadi.

 

Pemukulan gong dan pemotongan tumpeng oleh Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magetan, Dian Astuti Purwandari.


Magetan, exspresnews.com - Rangkaian kegiatan dalam rangka perayaan HUT SMPN 1 Nguntoronadi ke 48, ditutup dengan launching Program Rabu Anjawani dan Kantin Sehat.


Program yang telah direncanakan SMPN 1 Nguntoronadi resmi dilaunching oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magetan, Kamis (29/02/2024).


Kadispora Magetan, Suwata, yang diwakili oleh Sekretaris Dinas, Dian Astuti Purwandari, hadir dan meresmikan secara langsung program tersebut dengan ditandai pemukulan gong.


Di tengah maraknya era digitalisasi yang dirasa semakin mengikis adat budaya, Dian Astuti sangat mengapresiasi program Rabani dan Kantin Sehat yang dicanangkan SMPN 1 Nguntoronadi ini.


"Ini merupakan program pertama dan sangat luar biasa yang dicanangkan sekolah, karena dapat mendukung program pemerintah dalam menciptakan sekolah yang sehat dan ramah," tuturnya.


Diharapkan Dian, inisiasi program ini bisa dilaksanakan di seluruh satuan pendidikan, dan di usianya yang ke 48 ini SMPN 1 Nguntoronadi bisa lebih mantap lagi dalam meningkatkan kinerja dan prestasi dalam rangka mendukung mutu pendidikan di Kabupaten Magetan.


Sementara itu Kepala Sekolah SMPN 1 Nguntoronadi menjelaskan bahwa Rabani merupakan Rabu Anjawani, di mana dalam satu hari, yakni Rabu, seluruh warga sekolah mengenakan pakaian adat Jawa dan menerapkan anggah ungguh Jawa (kaidah dalam masyarakat Jawa).


"Jadi di setiap hari Rabu, seluruh warga sekolah SMPN 1 Nguntoronadi wajib mengenakan pakaian adat Jawa dan menggunakan bahasa Jawa dalam berkomunikasi baik Krama Alus maupun Krama Inggil," jelas Supardi.


Sedangkan kantin sehat ini merupakan bentuk upaya SMPN 1 Nguntoronadi sebagai Sekolah Adiwiyata untuk mewujudkan sekolah yang sehat dan ramah, utamanya mengurangi penggunaan bahan yang nantinya menjadi sampah.


Supardi pun berharap dengan adanya kedua program ini mampu membentuk kembali tata krama, sopan santun, akhlak mulia anak-anak yang mulai terkikis oleh kemajuan jaman dan teknologi. (ik/red*)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756