Jelang Pesta Demokrasi 2024, KPU Magetan Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara.

 

Simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2024 oleh KPU Magetan


Magetan, exspresnews.com - Menjelang Pesta Demokrasi 2024 yang semakin dekat, terhitung H-13, Komisi Pemilihan Umum Magetan, Jawa Timur, menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara, Rabu (31/01/2024).


Bertempat di halaman Kantor KPU Magetan, simulasi melibatkan warga Desa Ringinagung tepatnya yang terdaftar sebagai pemilih tetap di TPS 09.


Dalam kegiatan simulasi kali ini dijelaskan mengenai tahapan dalam memberikan suara, mulai dari cara mencoblos hingga penghitungan suara kepada masyarakat dan petugas pemungutan suara.


Ketua KPU Magetan, Fachrudin, menjelaskan bahwa kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara kali ini bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak ada kendala pada saat pelaksanaan di 14 Februari mendatang.


"Jadi tujuan simulasi ini adalah untuk mempersiapkan para petugas KPPS dengan kondisi real dalam pelaksanaan Pemilu yang akan datang, serta sosialisasi langsung kepada para pemilih, baik untuk lansia maupun pemula, serta bagi para pemilih yang hamil maupun dalam keadaan disabilitas," jelas Fachrudin.


Sementara itu PJ. Bupati Magetan, Hergunadi, yang juga menjadi simulator pemilih pada kegiatan ini menjelaskan simulasi ini menjadi bahan evaluasi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat saat pelaksanaan sehingga tidak terjadi kendala baik tata cara maupun waktunya.


"Pemilu serentak ini kan bukan yang pertama kalinya dilaksanakan, jadi kami berharap peran aktif masyarakat untuk menjaga kondusifitas di tahun politik ini sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan agar pertumbuhan ekonomi bisa berjalan sebagaimana mestinya," tuturnya.


"Kalau anak muda menyebut sebagai Valentine Day, nanti di tanggal 14 Februari itu, maka tanda tinta (di jari kelingking) menjadi tanda bukti cinta kita terhadap tanah air,”pungkas Hergunadi. (red*)



0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756