Cegah Demam Berdarah, Polsek Pulung Bersama Inkait Lakukan Foging Di Desa Pulung Merdiko

featured image

PONOROGO - Polsek Pulung Polres Ponorogo Polda Jatim bersama Puskesmas Pulung dan Jajaran TNI Koramil Pulung melakukan kegiatan Foging dalam rangka mencegah penyakit demam berdarah, Senin (06/02/2023).





Kali ini, kegiatan foging dilaksanakan di wilayah Desa Pulung Merdiko Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Pemdes setempat juga turut membantu pelaksaan foging ini.




Hadir dalam kegiatan diantaranya Kapolsek Pulung AKP Hariyadi, S.H., M.H., Kepala Puskesmas Pulung dr Indah Purwati, anggota Koramil Pulung, anggota Polsek Pulung dan Perangkat Desa Pulung Merdiko.


"Alhamdulillah, kami bersama sama Bu Dokter serta anggota TNI Koramil Pulung dibantu pemdes Pulung Merdiko melakukan fogging atau pengasapan untuk membasmi nyamuk DBD," kata AKP Hariadi




Mantan KBO Reserse Polres Ponorogo tersebut  menjelaskan tujuan dari fogging ini untuk meminimalisir perkembangan jentik jentik nyamuk di tempat tinggal warga.





"Terlebih saat ini adalah musim penghujan, maka Foging sangat dirasa sangat penting untuk meminimalisir perkembangan biakan nyamuk DBD," jelasnya





"Harapan kami, masyarakat sehat terhindar dari penyakit demam berdarah," sambungnya




Sementara itu Kepala Puskesmas Pulung dr Indah Purwati memaparkan, giat fogging ini dilakukan sebagai metode pengendalian faktor penyebab DBD dengan menggunakan mesin yang dapat mengeluarkan asap insektisida.


“Perilaku menghisap darah manusia oleh nyamuk Aedes Aegypti betina paling banyak dilakukan pada pagi hari, yaitu pukul 08.00 – 12.00. Namun nyamuk penyebab DBD ini pada umumnya bukan hanya aktif di pagi hari saja, juga sangat aktif pada sore hari. Tepatnya beberapa jam sebelum matahari terbenam,” paparnya.


Lanjut Indah, fogging dapat membunuh nyamuknya saja, tetapi tidak sampai jentik nyamuk. Oleh karena itu masyarakat harus bisa menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan 3 M (Menutup, Menguras, dan Mengubur) dari genangan air.


(Humas)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756