Forkopimda Ponorogo Gelar Rapat Eksternal Bahas Pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2022

featured image
PONOROGO - Bertempat di gedung pesat gatra Polres Ponorogo telah dilaksanakan rapat eksternal oleh forkopimda Ponorogo.  Dalam rapat tersebut membahas pelaksanaan pilkades serentak tahun 2022, Rabu ( 09/11/2022)

Nampak hadiri Kapolres Ponorogo AKBP Catur C. Wibowo, S.I.K, M.H.; Bupati Ponorogo diwakili oleh wakil Bupati Ponorogo Hj. Lisdyarita.,S.H.; Dandim 0802 Ponorogo Letkol. Inf. Hirta Juni Adriansyah; PJU Polres Ponorogo; Pasi Ops Kompi Brimob Madiun AKP Aris Setyo Widodo; Pasi Ops Kodim 0802 Ponorogo Kapten CZI Fahroji dan Forpimka 13 Kecamatan yang melaksanakan Pilkades (Kapolsek, Danramil dan Camat).

Kabag Ops Polres Ponorogo Kompol Danang Prasmoko, S.H. memaparkan bahwa agenda Politik tanggal 22 November 2022 adalah pelaksanaan Pilkades serentak di wilayah Kabupaten Ponorogo.

"yang melaksanakan ada 13 Kecamatan, 23 Desa dengan jumlah cakades 58 orang. Sedangkan jumlah DPS 66.303 pemilih," paparnya



Kompol Dhanang mengatakan, dalam pengamanan Pilkades serentak pihaknya akan melibatkan personil gabungan dari Polri, TNI dan Brimob.

"Jumlah personil yang kami libatkan dalam pengamanan Pilkades serentak adalah dari TNI sebanyak 500 personil, Polri 365 personil dan BKO Brimob Sat. C Madiun 60 personil," katanya

Sedangkan untuk pola pengamanan, Kompol Danang menjelaskan, "untuk TPS kurang rawan tiap TPS disiagakan 1 Polri dan 5 linmas. Kemudian TPS Rawan tiap TPS 2 Polri dan 10 linmas. Sedangkan 500 personil dari TNI akan di sebar di 23 desa dan siaga di Kodim," jelasnya

Dalam kesempatan itu, Kapolres Ponorogo AKBP Catur C. Wibowo, S.I.K., M.H. juga meminta kepada semua pihak yang terlibat dalam Pilkades serentak untuk bisa saling bekerja sama dengan baik untuk mensukseskan Pilkades serentak.

"Mari kita bekerja sama dengan baik, sehingga Pilkades serentak di wilayah Kabupaten Ponorogo dapat berjalan dengan aman, damai, tanpa ada permasalahan," pintanya



Selain itu, Kapolres juga menuntut terkait netralitas dari panitia dan petugas pengamanan, jika ada permasalahan agar segera diselesaikan dengan cara musyawarah atau lewat jalur hukum.

"Tetap jaga netralitas, jika ada permasalahan atau kendala segera musyawarahkan atau lewat jalur hukum dan tidak perlu ada kegiatan kegiatan yang sifatnya kekerasan atau anarkis," jelas AKBP Catur

Sementara itu Dandim 0802 Ponorogo  Letkol. Inf. Hirta Juni Adriansyah mengatakan, dalam perencanaan pengamanan Pilkades, kita sebagai pelayanan masyarakat akan di uji dalam pelaksanaan Pilkades ini.

Dia meminta kepada semua pihak untuk melaksanakan tugas secara maksimal sesuai dengan fungsi kita masing- masing serta Koordinasi tingkat kecamatan lebih di intesifkan kembali.

"Semoga pelaksanaan Pilkades berjalan aman dan lancar," katanya

Wakil Bupati Ponorogo Hj Lisdya Rita juga menyampaikan, pelaksanaan Pilkades diprediksi lebih rawan daripada Pilkada. Saat ini masyarakat Ponorogo sudah menguasai Medsos, penyebaran sebuah informasi atau berita sangat cepat, oleh sebab itu perlu kita antisipasi.

Untuk mensukseskan Pilkades serentak ini, tiga Pilar diharapkan bisa bekerja sama dengan baik.

"Saling berkoordinasi adalah kuncinya, semoga Pilkades serentak bisa berjalan aman dan lancar," Tutup Wabub Hj Lisdya Rita

(Humas)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756