Percepat Vaksinasi,Polsek Pulung lasanakan Pendampingan Vaksinasi door to door

featured image
Ponorogo-Penanganan dan Pengendalian wabah Penyakit PMK serta kesiapan Hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha,Polsek Pulung melaksanakan pendampingan vaksinasi PMK secara door to door oleh Dinas Peternakan Kab.Ponorogo bertempat di Desa Patik Kec.Pulung Kab.Ponorogo.Rabu(06/07)

Tampak hadir dalam kegiatan Dokter Hewan Kec.Pulung,Mantri Peternakan Kec.Pulung, Bhabinkatimbmas Desa Patik, Babinsa Desa Patik,team vaksin,Tenaga Relawan Paramedik dan Perangkat Desa Patik.

Kapolres Ponorogo AKBP Catur C. Wibowo, S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Pulung Iptu Hariyadi,S.H.menyampaikan dalam kegiatan Vaksinasi untuk sasaran vaksin diambil dari data ternak di tingkat Desa Patik sudah siap untuk dilakukan vaksinasi.
"Hewan yang menerima vaksin jenis Sapi dengan kondisi sehat dengan menggunakan vaksin Aftopor(dari Prancis)dengan dosis masing masing sapi sebanyak 2ml."jelasnya

Menurutnya,Pelaksanaan vaksin dengan system door to door ke kandang milik warga dan vaksin merupakan vaksin pencegahan PMK dan bukan merupakan vaksin untuk penyembuhan sapi.

"Setiap pemilik sapi yang divaksin didata dengan menyerahkan NIK untuk dientry data di system' Dinas Peternakan dan sapi yang sudah divaksin diberikan tanda berupa cat warna buruh."jelasnya

Ia menambahkan, guna mendampingi petugas Vaksinator dari dinas Pertanian dan peternakan saat melaksanakan vaksin kepada hewan ternak, ini merupakan salah satu upaya Polri mendukung pemerintah dalam mencegah meluasnya wabah pmk.

" vaksin yang direncanakan sebanyak 100 Dosis dan hewan sudah tervaksin sebanyak 100 ekor."jelasnya

saat ini Pemerintah menetapkan kunci menghindari PMK diantaranya dengan 5M.

"Pihaknya akan Memberikan vaksin pada hewan ternak sehat, Menjaga sanitasi dan biosekuriti kandang hewan ternak, Membatasi lalu lintas hewan ternak dan produk hewan ternak, Mengisolasi hewan ternak yang sakit juga hewan ternak yang baru dan Melaksanakan stamping out (pemusnahan) hewan ternak yang sakit PMK di area bebas PMK."tuturnya.

Selama Pelaksanaan kegiatan berjalan Aman, tertib dan Lancar (**19/YY)

Post a Comment

0 Comments