Pupuk Langka, Petani di Bandar Menjerit


Peliput : Hargo Hadi Suprapto
 Persawahan di Desa Bandar Pacitan. Musim tanam tiba namun pupuk langka, membuat Petani setempat menangis. (Foto - Hargo)

Pacitan – Portal Exspresnews
Kelangkaan pupuk terjadi di Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan. Hal itu dikeluhkan oleh Yasir, Ketua Gapoktan di Desa Bandar.

Menurutnya, saat ini petani di Bandar menangis. “Bagaimana tidak menangis mas, saat ini adalah masa tanam dan pupuk sangat diperlukan untuk tumbuh kembang tananaman, namun saat ini pupuk sangat langka, kami pesimis hasil panen tahun ini bisa berhasil,” Ungkap Yasir saat ditemui oleh Portal Exspresnews, Jum’at (13/03/2020).
Pupuk Langka, Petani di Bandar Pacitan merasa Bingung. (video - Hargo)

Lebih jauh Yasir menjelaskan bahwa kelangkaan pupuk baik subsidi dan non subsidi membuat petani bingung. “Kalaupun ada, berapapun harganya akan kami beli, karena selama ini pupuk kimia, seperti Urea, ZA ataupun Phonska masih kami butuhkan sebagai perangsang, jadi kalau beralih ke pupuk organik masih belum bisa, saat inipun pupuk organik juga tidak tersedia,”Jelas Yasir.
Yasir, Ketua Gapoktan Bandar. (Foto - Hargo)

Yasir dan kelompok tani di Bandar berharap, kelangkaan pupuk ini dapat segera teratasi. “Mau bagaimana lagi mas, mata pencaharian kita ya bertani, dan pupuk merupakan salah satu bagian penting untuk keberhasilan saat panen, kalau gagal panen nanti kita mau makan apa, mohon kepada instansi terkait untuk segera membantu permasalahan ini.”Pungkas Yasir.
Suryatin, warga Dusun Panjing Desa Bandar Pacitan. (Foto - Hargo)

Harapan yang sama disampaikan oleh Suryatin, warga Desa Bandar agar pemerintah segara membantu mengatasi kelangkaan pupuk. “Semoga pupuk gampang didapatkan, kalau saat ini dibatasi hanya 30 kg permusim,” ucap Suryatin.
Suyanto, Petani di Bandar Pacitan. (Foto- Hargo)

Sementara Suyanto, petani di desa setempat menyampaikan bahwa dirinya heran. “Saat musim tanam seperti ini kok pupuk langka, kalau ada berapapun kami beli, yang penting panen kami tidak gagal,” Ucapnya. (Hargo)


Hargo Hadi Suprapto

Peliput di Portal Exspresnews.com

Post a Comment

Previous Post Next Post