Lagi Ngetren, Afghani Tanam masal 2000 bibit Porang di Desa Pucangombo


Pewarta : Yahya Ali Rahmawan

Afghani Wardhana saat melakukan penanaman masal 2000 bibit tanaman Porang di Desa Pucangombo Kecamatan Tegalombo Pacitan, Ahad (16/02/2020). (Foto - Yahya)
Pacitan – Portal Exspresnews.com
Bacabup Pacitan dari Partai Demokrat, Afghani melakukan penanaman masal 2000 bibit porang di Desa Pucangombo Kecamatan Tegalombo, Pacitan, Ahad (16/02/2020).

Bertempat di lahan kas desa, ratusan warga setempat didampingi Kepala Desa Pucangombo tanaman yang saat ini lagi ngetren itu ditanam.
Afghani Wardana yang juga Kadispora Surabaya itu menjelaskan bahwa saat ini ekspor hasil bumi sangat terbuka untuk bisa dilakukan. “Beberapa waktu yang lalu, saya mendampingi Walikota menemui Konsulat Jenderal Indonesia di Pakistan, dari pembicaraan kami peluang untuk ekspor hasil bumi dan rempah-rempah sangat terbuka, tinggal bagaimana kita (Indonesia) bisa menindak lanjuti hal itu terutama petani yang menanam hasil bumi seperti kunyit, porang dan lainnya serta rempah-rempah seperti cengkeh. Ini adalah peluang bagi para petani untuk melakukan ekspor tanaman hasil bumi dan rempah-rempah ke India dan Pakistan,sehingga perekonomian para petani kita bisa meningkat,” jelas Afghani Wardhana.

Sebagai langkah nyata, dirinya bersama warga Desa Pucangombo menanam Porang, “Tanaman porang ini sangat bermanfaat untuk bahan kosmetik dan bahan makanan sehingga memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi karena menjadi komoditas ekspor,” Ucap Afghani Wardana.

Tujuan Kegiatan ini, lanjut Afghani adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, “Masyarakat di Pacitan dengan kegiatan ini tidak hanya bergantung kepada tanaman yang selama ini sudah biasa ditanam, seperti ketela pohon dan lainnya, masyarakat punya tanaman alternatif yang terbuka untuk pemasaran nasional dan internasional, yaitu bisa diekspor,” Lanjut Afghani Wardana.

Afghani juga menerangkan bahwa kegiatan tersebut merupakan langkah awal. “Selanjutnya, kita juga akan menyediakan bibit yang lebih banyak lagi untuk ditanam dibeberapa tempat di Pacitan, harapan kami adalah masyarakat petani di Pacitan bisa meningkat kesejahteraannya dengan menanam tanaman yang bernilai ekonomi tinggi,seperti porang dan tanaman yang lainnya.” Pungkas Afghani Wardana.

Midi, Kepala Desa Pucangombo yang ikut mendampingi kegiatan itu menyampaikan apresiasinya dengan bantuan bibit diberikan. “Tanaman porang ini memiliki nilai jual yang bagus, banyak warga yang ingin menanam namun kendalanya adalah modal untuk membeli bibit dan hari ini kami mendapatkan bantuan dari Pak Afghani, hal ini sangat membantu kami dalam mengembang biakan tanaman ini, karena tanaman porang cukup ditanam sekali dan bisa untuk selamanya.”ucap Kades Pucangombo Midi.

Nur, warga setempat juga mengapresiasi dengan kegiatan penanaman masal bibit porang didesanya itu. “Terima kasih sekali kami sampaikan kepada Pak Afghani, masyarakat Desa Pucangombo bisa menanam tanaman yang saat ini lagi tren, harganya di pasar bagus dan harapan kami akan meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Pucangombo ini.”jelasnya.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan makan nasi bungkus dan foto bersama. (Yah)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756