Kades Novi Dwi : Rembug Desa, upaya Memajukan Desa Siwalan

Pewarta : Nanang Wibowo

Kepala Desa Siwalan, Novi Dwi Hermawati, S.Pd, M.MPd, bertekad memajukan Desa Siwalan, Kecamatan Mlarak. (Foto - Nanang Wibowo)


Kepala Desa Siwalan, Kecamatan Mlarak, Ponorogo, Novi Dwi Hermawati, S.Pd, M.MPd bertekad memajukan desa yang dipimpinnya dengan berbagai cara.

Saat ditemui Exspresnews.com, Kamis (16/01/2020), Novi mengatakan bahwa dalam membangun diperlukan perencanaan yang matang. "Untuk itu, kita melakukan Rembug Desa yang melibatkan seluruh elemen masyarakat yang ada di Desa Siwalan, seperti Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Bapak-bapak, Ibu-ibu, Pemuda, Sinoman, Seniman dan elemen masyarakat yang lain," Ujar Novi.

Sebagai salah satu desa dipusat salah satu kesenian dunia yaitu Reyog Ponorogo, lanjut Novi, Desa Siwalan harus menjadi desa yang maju dan mandiri. "Untuk itu, dalam rangka menuju desa yang maju dan mandiri maka kita susun program pembangunan dengan rembug desa, semua usulan kita tampung dan kita membuat program prioritas untuk pembangunan jangka panjang, menengah dan jangka pendek dengan mengutamakan program pemberdayaan selain pembangunan infrastruktur yang mendukung seluruh aktivitas masyarakat Desa Siwalan,"urai Novi secara panjang lebar.

Novi yang juga anggota Persit Kartika Candra Kirana itu juga menjelaskan bahwa pemberdayaan masyarakat sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Siwalan. "Karena dengan program pemberdayaan yang tepat melalui Bumdes ataupun program yang lain akan menjadikan masyarakat menjadi mandiri dan mengarah kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat," jelas Novi.

Novi Dwi Hermawati, S.Pd, M.MPd, Kades Siwalan yang ingin masyarakatnya maju, mandiri dan sejahtera. (Foto - Nanang Wibowo).

Selain itu, kata Novi, pembangunan pendidikan dan kesehatan sangat diperlukan didesanya. "Untuk itu, kita akan bersama berbagai elemen masyarakat untuk memajukan pendidikan dan kesehatan, karena dua hal ini merupakan hal dasar yang menjadi kebutuhan setiap manusia, dengan pendidikan maka kita akan menjadi pandai dan dengan tubuh yang sehat maka kita akan bisa berkarya," Ujar Isteri TNI aktif tersebut.

Namun sebagai seorang wanita, Novi juga melakukan kegiatan sebagai makhluk sesuai dengan kodratnya. "Saya selalu mengikuti lomba voli antar desa, berbagai pelatihan, aktif di kesenian Reyog, Yasinan rutin dan  arisan," ujarnya.

Meskipun banyak tokoh regional dan nasional yang mengenalnya tidak membuat Novi menjadi besar kepala, namun semakin membuatnya aktif dalam berkegiatan dan membantu masyarakat tanpa sekat. "Menjadi Kepala Desa merupakan amanah yang harus kita lakukan dengan penuh keikhlasan demi kemajuan dan kemandirian."Pungkas Novi Dwi Hermawati. 

Nanang Wibowo

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756