Pagelaran Wayang Kulit dan Reog Meriahkan Lomba 10 Program Pokok PKK Desa Kartoharjo.


Magetan, exspresnews.com - Lomba Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK dan Pembinaan Terpadu PKK Sehat Lestari Berencana tahun 2024 di Desa Kartoharjo, Kecamatan Kartoharjo Magetan berjalan dengan lancar dan sukses.


Pagelaran wayang kulit yang merupakan warisan budaya Indonesia pun turut dipentaskan sebagai hiburan dan juga penampilan atraksi dua reog gagrak Magetan ditampilkan yang menambah kemeriahan.


Seperti yang diketahui banyak orang, Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Di mana merupakan organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia.


Seperti halnya para wanita yang tergabung dalam kader PKK Desa Kartoharjo pada hari ini, Selasa (05/03/2024) telah sukses menggelar lomba.


Hadir dalam kegiatan tim penilai dari Kabupaten Magetan, Forkopincam Kartoharjo, Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Tim Penggerak PKK Desa Kartoharjo serta undangan lainnya.


Siti Fatonah Hergunadi selaku ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magetan, dalam sambutannya mengatakan, bahwa gerakan pemberdayaan kesejahteraan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan demi terwujudnya keluarga yang sejahtera baik di tingkat perdesaan maupun perkotaan dengan menerapkan 10 program pokok PKK dalam kehidupan sehari-hari.


"Tujuan dari pelaksanaan 10 program pokok PKK adalah memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, dan memiliki kesadaran hukum dan lingkungan," jelasnya.


"Sedang 10 program pokok PKK itu sendiri meliputi Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, 

Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, Pendidikan dan keterampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, 

Kelestarian Lingkungan Hidup,Perencanaan Sehat," imbuh Siti Hergunadi.


Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dari tim penilai Kabupaten kepada masing-masing ketua Pokja tentang program unggulan dari masing-masing Pokja. Yang kemudian berlanjut kepada penilaian rumah sehat dan pemanfaatan pekarangan rumah.


Pembagian bantuan sosial berupa sembako kepada warga masyarakat desa setempat pun mewarnai rangkaian kegiatan pada hari ini.


Siti Fatonah Hergunadi berharap agar kegiatan yang saat ini dilakukan bisa tetap dilanjutkan, bukan hanya saat lomba saja tetapi juga dalam penerapan kehidupan sehari-hari dalam upaya mewujudkan keluarga sejahtera dan mandiri. (ik/red*)
 

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756