Menuju Pariwisata Maju, Ini Kiat Disparbud Magetan.


MAGETAN - Tidak bisa dipungkiri, Magetan mempunyai beberapa potensi tempat wisata yang khas dengan daya tarik alam dan ciri khas budaya masyarakat.

Adanya tempat wisata ini akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat serta mengurangi angka urbanisasi dan tingkat pengangguran.

Untuk itulah diperlukan adanya kolaborasi dan sinergitas yang baik antara Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) dengan masyarakat, para pelaku industri, Kelembagaan, Akademisi, serta Media massa yang ikut berperan aktif dalam mempublikasikan sektor wisata daerah.

Joko Trihono, Kepala Disparibud Magetan mengatakan, Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait selalu melakukan upaya untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan.

"Kami berupaya terus untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan dengan menggelar event-event yang tentunya dapat menarik minat para wisatawan," jelas Joko Trihono.

"Salah satunya yakni dengan digelarnya Livoli,". katanya, Sabtu (18/11/2023).

Menurut Joko, dengan Livoli akan banyak menarik orang untuk datang ke Magetan yang secara otomatis akan meningkatkan juga angka kunjungan ke tempat wisata.

Selain itu event "Koi Show" yang dilaksanakan hari ini sampai dengan besok, juga merupakan kolaborasi yang baik antara OPD guna meningkatkan daya kunjung wisatawan.

Tak cuma itu, menurut Joko Trihono, peningkatan infrastruktur pun akan mempengaruhi perkembangan sektor pariwisata. Untuk itulah pihaknya terus berupaya untuk melakukan perbaikan infrastruktur menuju wisata Magetan yang maju.

Pun tak kalah penting salah satu faktor pendukung menuju wisata maju adalah peningkatan kualitas SDM dari para pelaku jasa usaha pariwisata.

"Kami sudah berupaya memberikan pembinaan kepada housekeeping hotel dengan membawanya ke sebuah hotel berbintang di Solo untuk melihat secara langsung bagaimana cara merapikan tempat tidur dan ruangan, jadi mereka tidak hanya dibekali teori saja tetapi juga praktek langsung," ujar Joko.

Diharapkan setelah dilakukan pembinaan para pelaku jasa usaha pariwisata mempunyai suatu komparatif yang nantinya menjadikan lebih baik. 

Joko mengajak seluruh wisatawan untuk tidak ragu-ragu berkunjung ke Magetan, karena selain wisata alam yang luar biasa saat ini juga ditunjang sarana dan prasarana yang sudah cukup memadai.(ik)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756