Kegiatan 'Jum'at Curhat', Kapolres Ponorogo Berikan Solusi Beberapa Keluhan Warga

featured image
PONOROGO - Berangkat dari Polres Ponorogo dengan menggunakan sepeda kayuh, Kapolres Ponorogo AKBP Catur C. Wibowo, S.I.K., M.H. didampingi Wakapolres Ponorogo Kompol Meiridiani serta PJU menuju Jln. Astrokoro Kelurahan tambak bayan RT 03 RW 01 Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo, Jum'at (06/01/2023) pagi.

Bukan tanpa alasan, kedatangannya ini untuk memantau langsung situasi Kamtibmas, sekaligus melaksanakan kegiatan 'Jum'at Curhat' menampung aspirasi atau keluhan warga Kelurahan tambak bayan RT 03 RW 01.

Kedatangan Kapolres bersama rombongan disambut oleh forkopimcam Ponorogo serta warga setempat di sebuah poskampling turut lingkungan triluno dangsan RT 03 RW 01 Kelurahan Tambak Bayan Kabupaten Ponorogo.

Kegiatan 'Jum'at Curhat' sudah kali kedua di laksanakan oleh Kapolres, dimana sebelumnya dengan warga dan komunitas Vespa di kelurahan Tonatan Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo.

Dari hasil pantauan, terlihat warga lingkungan triluno dangsan RT 03 RW 01 Kelurahan Tambak Bayan Kabupaten Ponorogo sangat antusias mengikuti kegiatan 'Jum'at Curhat'' tersebut.

Ini terlihat ada beberapa warga yang menyampaikan keluhan serta permintaan kepada Kapolres Ponorogo AKBP Catur C. Wibowo, S.I.K., M.H.

Seperti Ketua RT Muhamad Nuri yang kesehariannya sebagai tukang tambal ban menyampaiakan keluhannya kepada Kapolres terkait ujian praktik SIM.

"SIM saya masa berlakunya habis. Lupa tidak saya perpanjang. Saya mau cari SIM Baru lagi sulit tidak pernah lulus di ujian praktek yang berkelok kelok," ujar Muhamad Nuri Kepada Kapolres AKBP Catur



Lantas dia meminta ujian praktik yang berkelok berkelok itu di ganti.

Keluhan Ketua RT itu pun langsung di jawab oleh Kapolres Ponorogo AKBP Catur C. Wibowo, S.I.K., M.H.

"Alhamdulillah terima kasih sudah disambut di lingkungan Tambak bayan ini sehingga acara 'Jum'at Curhat' ini bisa dilaksanakan. pagi ini kita gowes patroli kita ingin cangkrukan dan ngobrol santai aja," Kata AKBP Catur

AKBP Catur menjelaskan, untuk mekanisme penerbitam SIM semua sudah di atur oleh peraturan kapolri (Perkap) nomor 5 tahun 2001. Mulai dari persyaratan, pendaftaran, tes tulis hingga tes praktek sudah di atur dalam perkap tersebut.

"Terkait ujian praktek SIM jalan berkelok kelok kami tidak bisa merubahnya, namun demikian Satlantas Polres Ponorogo sudah memberikan kemudahan melalui layanan 'JATIL' . Warga bisa mengikuti layanan tersebut, akan di berikan pelatihan langsung oleh anggota kami," jelasnya

Selain keluhan dari Muhammad Nuri (Ketua RT) juga ada perminta dari warga yang lain yaitu Waluyo.

Waluyo meminta kelengkapan Pos Kampling Kepada Kapolres Ponorogo. Dan saat itu juga langsung dipenuhi. Kapolres menyerahkan kelengkapan pos kampling mulai dari senter, tongkat kelengkapan lainnya yang diserahkan langsung oleh Kapolres Kepada Ketua RT setempat.



Kemudian ada lagi, terkait Pokdar Kamtibmas yang saat ini mulai kendor untuk bisa di aktifkan kembali.

"Dulu waktu ada Pokdar Kamtibmas sangat membantu dalam penyelesaian masalah di tingkat desa, kami mohon Pokdar Kamtibmas untuk di aktifkan kembali," Pinta Wahyudi kepada Kapolres

Terkait Pokdar Kamtibmas, disampaikan Kapolres memang saat itu terkendala adanya pandemi Covid 19. Sehingga semua kegiatan masyarakat dibatasi.

"Namun demikian kami sampaikan jika ada masalah yang ringan ringan di tingkat desa, silahkan perankan Pokdar Kamtibmas karena sangat efektif. Tapi harus benar benar selesai tuntas. Kalau orang Jawa bilang 'ojo ngasi bendol mburi' (jangan sampai ribut dibelakang hari)," Kata AKBP Catur



Dalam kesempatan yang sama terkait keluhan warga tentang banyak kejadian laka lantas, disampaikan Kapolres sejauh ini menurut data yang ia terima kejadian laka lantas kebanyakan melibatkan dari kalangan anak.

Untuk mencegah hal tersebut, Kapolres meminta peran aktif orang tua dalam hal pengawasan anak masing masing.

"Sebagai orang tua seharusnya berperan aktif mengawasi serta memantau anaknya. Yang mau keluar malam harus di awasi, mau sekolah juga diawasi," ungkapnya

"Untuk mengurangi laka lantas, Polres Ponorogo berserta jajaran juga sudah mengambil langkah diantaranya rekayasa lantas, pemasangan rambu lalu lintas, bener himbauan dan sosialisasi tertib berlalu lintas kepada seluruh element masyarakat," pungkas AKBP Catur



 

Acara 'Jum'at Curhat' selesai, di tutup dengan sesi foto bersama. Selanjutnya Kapolres bersama rombongan kembali ke Mapolres Ponorogo.

(Humas)

Post a Comment

Previous Post Next Post