Kewaspadaan Dini PMK,Polsek Badegan bersama Dinas inkait Gelar Penyekatan dan Pembatasan Lalu lintas Hewan DiPos Point Biting

featured image
Ponorogo-Dalam Rangka Kewaspadaan Dini Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)Petugas Gabungan dari Polsek Badegan ,Koramil Badegan ,BPBD kab.Ponorogo dan Dinas Peternakan melaksanakan Pembatasan dan Penyekatan lalu lintas Hewan ternak berkuku belah bertempat di Pos Check Point Pemeriksaaan Hewan dan Prodok Asal Hewan jalan Ponorogo - Wonogiri Desa Biting Kec. Badegan.Sabtu(25/06)

Kegiatan ini dengan penanggung jawab Kordinator BPP Pertanian dan Peternakan Kec.Badegan Ir.Juni Indarto.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bati Tuud Koramil Tipe B 0802/07Badegan,Polsek Badegan ,Paramedik Pos Check Point,Staf Kec Badegan dan BPBD Kab.Ponorogo

Kapolres Ponorogo AKBP Catur Cahyono Wibowo melalui Kapolsek Badegan IPTU Agus mengatakan kegiatan pelaksanaan check point penyekatan ini bertujuan untuk mengawasi dan membatasi mobilitas distribusi hewan baik sapi, kambing dan hewan ternak berkuku dua lainnya yang masuk maupun keluar wilayah Kabupaten Ponorogo.

Adapun tanda-tanda (gejala) pada hewan Suspek PMK sebagai berikut Kepincangan yang bersifat akut,Gemetar dan sulit berdiri,Hipertensi, saliva terlihat menggantung,Air liur berbusa di lantai kandang, Pembengkakan kelenjar submandibular,Lepuh dan atau erosi di sekitar mulut, Demam tinggi mencapai41⁰C,Penurunan produksi susu yang drastis pada sapi perah.

"Hasil yang diperoleh pada penyekatan tidak diketemukan Lalulintas pengangkut hewan baik sapi maupun kambing yang masuk dan Keluar diWilayah. Kab. Ponorogo "ujarnya

Terkait hal tersebut Petugas yang ada diwilayah bersama dengan tim satgas PMK akan terus melakukan patroli dan melakukan pengawasan terhadap aktivitas keluar masuk hewan ternak di wilayah serta melakukan patroli terpadu di tingkat kecamatan dan sentra-sentra peternak sapi dan ternak lainnya dengan terus memberikan himbauan dan edukasi kepada masyarakat untuk tenang.

Dari informasi para pakar bahwa penyakit mulut dan kuku pada ternak tidak menyebabkan gangguan kesehatan kepada manusia.

"Penyekatan hewan ternak ini sendiri sengaja digelar, sebagai upaya untuk antisipasi penyebaran PMK pada hewan ternak sapi, apalagi menjelang Hari Raya Idul Adha," ungkapnya.
Selama kegiatan berlangsung aman,lancar dan kondusif (**19/YY)

Post a Comment

0 Comments