Kapolres Ponorogo Hadiri Upacara Bendera Hari Amal Bhakti Kemenag RI Ke 77 Tahun 2023

featured image
PONOROGO - Kapolres Ponorogo AKBP Catur C. Wibowo, S.I.K., M.H. menghadiri kegiatan Upacara Bendera Hari Amal Bhakti Kemenag RI Ke 77 Tahun 2023 bertempat di aloon aloon Ponorogo, Selasa (03/01/2023).

Selaku Inspektur Upacara adalah Bupati Ponorogo H. Sugiri Sancoko, SE., M.M. dengan jumlah peserta upacara 3.000 orang terdiri dari ASN Kemenag Ponorogo, KUA se Kabupaten Ponorogo, Guru Madrasah se-Kabupaten Ponorogo, Pelajar madrasah Aliyah dan Pelajar madrasah Tsanawiyah.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko selaku inspektur upacara membacakan amanat Menteri Agama RI.

bagi insan Kementerian Agama RI, setiap pergantian tahun selalu memiliki makna khusus. Di awal tahun, tepatnya hari ini, Selasa, 3 Januari 2023, keluarga besar Kementerian Agama memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-77.

Pada peringatan HAB ke-77 tahun ini, saya mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat. Jadikan peringatan HAB ini sekaligus sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia.

Selain itu, mari kita canangkan tagline Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat. Tugas berat mesti ditunaikan oleh seluruh ASN Kementerian Agama. Kerukunan sangat fluktuatif dan dinamis. Kerukunan sering menguji kita, lebih-lebih menjelang Pemilu 2024. Sejatinya, kerukunan adalah prasyarat pembangunan nasional. Pembangunan membutuhkan stabilitas, dan stabilitas dapat terwujud bila antarmasyarakat rukun dan damai.

Keluarga besar Kementerian Agama, bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat harus terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai agar perjalanan dan tahapan Pemilu dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi dalam pengertian yang sesungguhnya.

Untuk itu, semangat merawat kerukunan umat harus digelorakan seluruh ASN Kementerian Agama. Saya minta tidak ada ASN Kementerian Agama yang partisan, apalagi ikut melakukan provokasi di tengah keragaman pilihan. ASN Kementerian Agama harus menjadi simpul kerukunan dan persaudaraan. Dan yakinlah bahwa kerukunan umat akan mengantarkan pada Indonesia hebat.

Melalui peringatan HAB ke-77 ini juga mari kita jadikan momentum untuk meningkatkan soliditas organisasi. Kita harus berada dalam satu barisan yang kuat, kokoh, dan terorganisir untuk Kementerian Agama yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selamat memperingati Hari Amal Bakti ke-77 Kementerian Agama. Semoga Kementerian Agama terus jaya, serta menjadi oase dan pelayan masyarakat yang terbaik.



Selesai kegiatan upacara dilanjutkan Deklarasi Kerukunan Umat Beragama dan penandatanganan deklarasi oleh perwakilan Tokoh Agama Kab. Ponorogo.

Berikut isi Naskah Deklarasi :

Kami kepala kantor Kementerian Agama Kab. Ponorogo, Forum komunikasi pimpinan daerah bersama - sama dengan para tokoh lintas agama, tokoh masyarakat dan organisasi kemasyarakatan se Kab. Ponorogo dengan ini menyatakan :

1. Taat dan patuh terhadap Tuhan yang maha esa, setia pada Pancasila, UUD 1945, Bhineka tunggal ika dan NKRI sebagai pedoman dalam berbangsa dan bernegara.
2. Berkomitmen menjaga kebhinekaan dengan menghargai perbedaan suku bangsa, agama, ras, kepercayaan masing - masing dan melawan pergerakan Intoleransi, radikalisme, terorisme, komunisme, gerakan dan paham yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika menuju terciptanya keamanan dan ketertiban demi keutuhan NKRI._
3. Berkomitmen menjaga kerukunan antar umat beragama, hubungan intern umat seagama maupun kerukunan umat beragama dengan pemerintah.
4. Mendukung upaya pemerintah membina kehidupan umat beragama yang dilandasi dengan iman dan taqwa guna mewujudkan Ponorogo guyub, rukun, harmonis, hebat dan bermartabat.



Nampak hadir pada upacara tersebut antara lain Bupati Kab. Ponorogo H. Sugiri Sancoko, S.E., M.M., Wabup Kab. Ponorogo Hj. Lisdyarita, S.H., Dandim 0802/Ponorogo Letkol Inf Hirta Juni Ardiansyah, S.Sos., M.Han., Kapolres Ponorogo AKBP Catur C Wibowo, S.I.K., M.H., Kajari Kab. Ponorogo diwakili Kasi Intel Bpk. Ahmad Afandi, S.H,.M.H., Ketua Pengadilan Negeri Ponorogo Bpk. Hasanuddin, M.Sh., M.H..

Kemudian Sekda Kab. Ponorogo Dr. Drs. Agus Pramono, M.M., Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo Sunarto, S.Pd, Kemenag Kab Ponorogo Dr. Moh. Nurul Huda, M. Pd., Ketua MUI Kab. Ponorogo Dr. KH. Luthfi Hadi Aminuddin, M. Ag., Ketua Cabang NU Ponorogo Drs. KH. Fatchul Aziz, MA.

Selanjutnya Ketua Muhammadiyah Ponorogo Drs. H. Muh. Syarifudin, MA., Ketua Pengadilan Agama Ponorogo Drs. Zainal Arifin, MH., Perwakilan Tokoh Agama di Kab. Ponorogo, Ketua KNPI Kab. Ponorogo, Ketua FKUB Kab. Ponorogo dan Pejabat Kemenag Kab. Ponorogo.

(Humas)

Post a Comment

Previous Post Next Post