Vaksinasi Ternak Sapi Oleh Dinas Peternakan, Polsek Mlarak Melaksanakan Pendampingan




PONOROGO, Dalam rangka pencegahan penyebaran virus PMK Vaksinasi terus digencarkan oleh pihak Dinas Peternakan Kabupaten Ponorogo. 

Kali ini Vaksinasi kepada hewan ternak di gelar di Ds. Nglumpang Kec. Mlarak. Tak sendirian, dalam kegiatan tersebut Dinas Peternakan juga di dampingi Oleh Personil Polsek Mlarak dan TNI Koramil Mlarak. 

"Kegiatan Vaksinasi kepada hewan ternak berlangsung dari Pkl 08.00 s.d 13.00 Wib dilaksanakan secara door to door oleh Dinas Peternakan Kab. Ponorogo guna mengantisipasi Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) bertempat di Desa Nglumpang Kec. Mlarak Kab. Ponorogo," kata Drh. Ellin Prediana ketua Tim Dari Dinas Peternakan Ponorogo Kamis (18/08)

Sementara itu, Kapolsek Mlarak Iptu Rosyid Efendi, S.H.,M.H. manambahkan bahwa pihak TNI/Polri Mlarak juga mendukung kegiatan Vaksinasi Kepada hewan ternak Sapi.

"Disini kami mendukung penuh kegiatan ini dengan terus melakukan pendampingan Vaksin oleh dinas peternakan," kata Iptu Rosyid 

Rosyid menjelaskan mekanisme pelaksanaan vaksin antara lain, 
"Sasaran Vaksin diambil dari Data Ternak di tingkat Desa Yang  sudah siap utk di lakukan Vaksinasi, Sasaran Vaksin merupakan hewan ternak jenis Sapi dengan kondisi Sehat, Vaksin menggunakan merk Aftopor (dari Prancis) dengan dosis masing-masing Sapi sebanyak 2 ml, Pelaksanaan Vaksin dengan systim door to door ke kadang milik warga, Vaksin tersebut merupakan Vaksin pencegahan penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan bukan merupakan Vaksin untuk penyembuhan sapi yang mengalami PMK, Setiap pemilik Sapi yang divaksin didata dengan menyertakan NIK (Nomer Induk Kependudukan), untuk di entry data di system Dinas Peternakan Ponorogo, Sapi yang sudah divaksin selanjutnya diberikan penanda berupa cat warna biru dengan coretan Nomer Urut Vaksin dan Vaksin dalam 100 Dosis di usahakan habis tervaksin semua agar tidak ada sisa," jelasnya 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Nglumpang Bpk. SUTIKNO, Tim Vaksin dari Dinas Peternakan sebanyak 9 (Sembilan) Orang, Personil Polsek Mlarak, Koramil Mlarak dan Perangkat Ds Nglumpang sebanyak 3 orang. Selama kegiatan berjalan aman, tertib dan lancar.

 (Humas)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post

Dibaca : 1.756